Tips dan Cara Mengatasi Hp Yang Kemasukan Air


Hp Yang Kemasukan AirPernakah Anda mengalami Hp yang terjatuh dan kemasukan air? Atau mungkin juga Hp Anda ikut tercuci di dalam mesin cucian karena lupa? Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami hal ini, pastinya sudah menyangka Hp Anda akan rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Pada saat Hp dalam keadaan hidup dan kemasukan air, biasanya Hp akan langsung mati. Inilah yang membuat kesimpulan sementara Hp rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Tapi nanti dulu, masih ada harapan Hp Yang Kemasukan Air masih bisa digunakan dan hidup normal lagi.

Khusus bagi Anda yang mengalami hal diatas, berikut ini adalah beberapa Tips dan Cara Mengatasi Hp Yang Kemasukan Air, seperti yang dikutip dari Merdeka.com.

Jangan Terlalu Panik
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk Mengatasi Hp Yang Kemasukan Air yaitu tidak boleh panik. Pasalnya, jika panik bisa saja Anda jadi korban ketika menyelamatkan Hp tersebut. Segera ambil Hp dari air dengan hati-hati. Perhatikan dulu apakah ada sambungan listrik pada Hp tersebut yang bisa memicu sengatan listrik ketika Anda mengambilnya.
Lepas Baterai dan SIM
Setelah mengambil Hp dari dalam air segera taruh di atas handuk kering atau kain kering sembari melepas baterai, SIM, dan kartu memori (jika ada). Keringkan baterai, SIM, dan kartu memori ini dengan handuk lain. Simpan di tempat tersendiri.
Lepaskan Aksesoris Hp
Seringkali kita memasang aksesoris untuk mempercantik atau meningkatkan kinerja Hp. Ada baiknya aksesoris ini dilepas untuk mengeluarkan air. Biasanya, air juga bisa masuk lewat slot aksesoris tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk melepas aksesoris ini dulu.
Bersihkan Dengan Seksama
Sekarang saatnya bersihkan bagian luar Hp dengan kain atau handuk kering. Bersihkan dengan lembut dan teliti dengan tujuan agar tidak ada satu tetes air pun yang tersisa di bagian luar. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggoyang Hp ketika sedang membersihkan. Jika terlalu banyak digoyang, dikhawatirkan air di bagian dalam akan menyebar ke bagian lain yang tidak terkena air.
Gunakan Vacuum Cleaner
Jika Anda ingin membersihkan air dari bagian dalam, usahakan menggunakan vacuum cleaner ketimbang hair dryer. Hal ini bisa dilakukan setidaknya selama 20 menit. Namun ingat, usahakan jarak antara Hp dan vacuum cleaner tidak terlalu dekat karena ditakutkan bisa menimbulkan listrik statis yang mampu merusak Hp. Selain itu, hindari hair dryer karena mengeluarkan panas yang bisa melelehkan komponen Hp.
Rendam Hp Dalam Beras
Jika dirasa masih ada air, sebaiknya rendam dulu Hp dan baterai dalam beras selama beberapa jam. Lebih lama direndam, kadar air akan mampu diserap dengan baik oleh beras. Beras sendiri adalah material kering yang mampu menyerap air dengan baik. Bahkan, beras mampu menyerap air dalam sela-sela Hp yang tak mampu dijangkau oleh handuk dan tisu sekalipun.
Lakukan Pengetesan Pertama
Setelah yakin Hp benar-benar kering, segera bersihkan dari beras dan debu dengan kain kering secara lembut. Kemudian pasang satu per satu komponen dan nyalakan secara perlahan. Jika Hp berhasil menyala dan terasa panas, kemungkinan masih ada air yang terkandung di dalam Hp. Rendam lagi dengan beras atau langsung saja bawa ke pusat reparasi terpercaya.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang Tips dan Cara Mengatasi Hp Yang Kemasukan Air pada kesempatan kali ini. Baca juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya tentang Tips dan Cara Hemat Kuota Internet di Hp Android. Semoga bisa berguna bagi semua gadgeter mania...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger